Ahli dan Pakar SEO yang suka dengan Optimasi Mesin Pencari di dunia Bisnis Online

Pengertian SEO adalah singkatan untuk search engine optimization (Optimasi Mesin Pencari)
search engine optimization adalah metodologi strategi, teknik dan taktik yang digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web dengan mendapatkan penempatan berpangkat tinggi di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP) – termasuk Google, Bing, Yahoo dan mesin pencari lainnya.

Ini adalah praktek maupun teknik yang umum yang di pakai oleh SEO Specialist atau Internet Marketer untuk menaikkan peringkat website di mesin pencari. Semakin tinggi ranking sebuah situs web maka peringkat akan naik secara baik di mesin pencari dan semakin besar peluang bahwa situs Kita akan akan dikunjungi oleh pengguna.

SEO membantu untuk memastikan bahwa situs diakses ke mesin pencari dan meningkatkan kemungkinan bahwa situs akan ditemukan oleh mesin pencari.

Menurut para Ahli SEO di Indonesia secara umum SEO terbagi menjadi 3 kategori yaitu White Hat, Black Hat dan Gray Hat.

Apa Itu White Hat SEO?

White HAT SEO  mengacu pada penggunaan optimasi strategi, teknik dan taktik yang berfokus pada mengikuti aturan dari mesin pencari dan kebijakannya.

Misalnya, sebuah situs web yang dioptimalkan untuk mesin pencari, namun berfokus pada relevansi dan peringkat organik dianggap dioptimalkan menggunakan Praktek SEO White Hat.

Beberapa contoh teknik White Hat SEO termasuk menggunakan kata kunci dan analisis kata kunci, backlinking, link building untuk meningkatkan popularitas link, dan konten menulis untuk pembaca manusia.
White Hat SEO lebih sering digunakan oleh mereka yang berniat untuk melakukan investasi jangka panjang di situs web mereka.

Apa Itu Black Hat SEO?

Sedangkan Black HAT SEO adalah strategi, teknik dan taktik SEO yang hanya fokus memanipulasi peringkat website dan biasanya tidak mematuhi pedoman mesin pencari.

Beberapa contoh teknik Black HAT SEO termasuk isian kata kunci, teks tak terlihat,  menambahkan kata kunci yang tidak terkait dengan konten halaman atau halaman swapping (mengubah halaman web yang sama sekali setelah telah peringkat oleh mesin pencari).

Black Hat User : Black hat SEO lebih sering digunakan oleh mereka yang mencari keuntungan finansial cepat di situs Web mereka, daripada investasi jangka panjang di situs Web mereka. Black hat SEO mungkin dapat mengakibatkan situs Web Anda dilarang dari mesin pencari, namun karena fokusnya adalah biasanya pada model return yang tinggi dan bisnis yang cepat.

Black hat SEO juga dapat disebut SEO sebagai SEO yang tidak etis atau spamdexing, sebagai spamdexing adalah praktek Black HAT SEO yang sering digunakan.

Apa Itu Gray Hat SEO?

Gray Hat SEO merupakan penggabungan dari kedua kategori di atas dengan di tambah sedikit teknik ilegal seperti cloacking, paid links, dan duplicate content. Tidak bisa di pungkiri kekuatan dalam optimasi suatu situs tentu saja tidak langusng dinilai negatif. Dikarenakan google atau mesin pencari lainnya butuh waktu untuk mengindeks semua data web sebelum menentukan situs tersebut bisa disebut situs yang bersifat negatif.

Sebenarnya, Gray Hat SEO masih aman diterapkan namun tidak menutup kemungkinan pada akhirnya akan ketahuan oleh mesin pencari dan akibatnya sebuah situs atau website terkena deindex selamanya. Jadi bukanlah solusi terbaik jika ingin memenangi persaingan di posisi SERP.

Kesimpulan dari Artikel

Sekian dari pejelasan saya mengenai artikel berjudul Apa Sebenarnya Arti SEO Menurut Para Ahli? yang di mana dapat kita simpulkan bahwa Optimasi Mesin Pencari (SEO) itu sangat penting bagi kelansungan seuah website.

Bisa jadi ini merupakan langkah yang sangat harus diperhatika oleh para webmaster atau pemilik website yang ingin meningkatkan traffic website nya agar barang atau profile web nya di kenal dan menghasilkan keuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *