Perkembangan Bisnis Online di Indonesia Saat ini

Mungkin tidak pernah kita sadari bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan penggunaan media sosial terbanyak di dunia. Walau tingkat jangkauan internet yang masih tergolong rendah, nyatanya tidak menghambat masyarakat indonesia untuk tetap menggunakan sosial media melalui smartphone.

Tingginya tingkat penggunaan media sosial

Tingginya tingkat penggunaan media sosial ini telah menimbulkan sebuah fenomena unik tentang pengguna media sosial di Indonesia. Bahkan dewasa ini, banyak orang yang memanfaatkan segala jenis media sosial untuk bisnis online, terlepas dari sudah adanya tempat dan jasa khusus untuk membuat toko online.

Beberapa platform yang sudah tidak asing kita dengar seperti Facebook, Instagram, Tweeter, Whatsapp, Line, dsb.

Sehingga dampaknya juga membuat perusahaan ritel-ritel modern offline di Indonesia sangatlah ketat.

Beberapa Contoh Perusahaan Ritel Yang Angkat Kaki

Seperti Kasus 7 Eleven yang akhirnya memilih untuk angkat kaki dari Indonesia beberapa waktu lalu sempat jadi bahan perbincangan. Jaringan minimarket yang sering jadi tongkrongan anak muda ini menutup semua gerainya pada tahun 2017.

Terbaru, PT Hero Supermarket Tbk telah menutup 26 jaringan ritel Giant Supermarket. Mereka juga melakukan pemutusan kerja terhadap 532 orang sepanjang 2018 kemarin. Langkah ini dinilai merupakan upaya perusahaan untuk tetap bertahan di tengah persaingan bisnis ritel yang semakin ketat. Penutupan tersebut juga dianggap sebagai hal biasa di bisnis era digital zaman sekarang.

Bagaimana Teknologi Mempengaruhi Pola Kehidupan

Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini juga telah membawa banyak sekali perubahan untuk pola kehidupan sebagian masyarakat Indonesia. Pola kehidupan ini terjadi hampir di semua bidang bukan hanya perdagangan tetapi juga ,sosial dan budaya, serta bidang lainnya.

Tentu saja ini menimbulkan adanya suatu gaya baru dalam sistem perdagangan. Beberapa tahun terakhir perdagangan online kian marak terjadi di Indonesia. Sebut saja Kaskus, Bukalapak, shopee, tokopedia, Lazada, hingga online shop yang memakai facebook atau handphone sebagai alat pemasarannya. Tidak sedikit orang yang berlomba untuk meraup keuntungan dan juga pendapatan yang lebih dengan menggunakan teknologi informasi ini. Maka dari itu indonesia juga tidak luput dari pembuatan undang-undang yang mengatur semua kegiatan e-commerce yang di atur dalam Undang-undang No.11 tahun 2008 terkait Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Sekian postingan artikel dari saya kenvinwu untuk artikel kali ini mengenai Perkembangan Bisnis Online di Indonesia Saat ini, saya harap sahabat-sahabat semua mendapat intisari dari artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *